Relasi Tabel dalam Pernyataan SQL

Data dalam suatu tabel dapat dihubungkan dengan tabel lain dengan operator relasi.

1. Equi-Join

Syntax:
SELECT column_list
FROM table_reference, table_reference [, table_reference...]
WHERE predicate [AND predicate...]

Operator Equi-Join digunakan untuk menggabungkan dua tabel, suatu tabel sumber dan anggota, yang mempunyai nilai dari satu kolom atau lebih. Untuk record tabel sumber yang sesuai dengan tabel anggota, akan dimasukkan dalam hasil. Jika tidak ada kecocokan, data tersebut tidak dimunculkan dalam hasil. Contoh pernyataan berikut ini menggabungkan tabel Customer dan Orders berdasarkan nilai-nilai dalam kolom CustNo, dimana keduanya mempunyai kolom tersebut.

SELECT *
FROM Customer C, Orders O
WHERE (C.CustNo = O.CustNo)

Tabel juga dapat digabungkan dengan menggunakan hasil penggabungan beberapa nilai kolom. Di sini, kolom ID1 dan ID2 dari tabel Joining digabungkan dan dibandingkan dengan nilai-nilai kolom tunggal ID tabel Source.

SELECT *
FROM Source S, Joining J
WHERE (S.ID = J.ID1 || J.ID2)

2. INNER JOIN

Syntax:
SELECT column_list
FROM table_reference
[INNER] JOIN table_reference ON predicate
[[INNER] JOIN table_reference ON predicate...]

Fungsinya sama dengan operator Equi-Join hanya saja kolom untuk setiap tabel dibandingkan dalam klausa ON untuk nilai-nilai yang sama. Contoh pernyataan pertama dan kedua dalam operator Equi-Join, jika dideklarasikan dengan operator INNER JOIN menjadi :

SELECT *
FROM Customer C
INNER JOIN Orders O ON (C.CustNo = O.CustNo)
SELECT *
FROM Source S
INNER JOIN Joining J ON (S.ID = J.ID1 || J.ID2)

Untuk database Ms Access, pernyataan INNER JOIN harus menyertakan tanda kurung jika menggabungkan lebih dari dua tabel, seperti berikut ini

SELECT *
FROM (Customer C
INNER JOIN Orders O ON (C.CustNo = O.CustNo))
INNER JOIN AddCusPrice A ON (C.CustNo = A.CustNo)

3. OUTER JOIN

Syntax:
SELECT column_list
FROM table_reference
LEFT | RIGHT | FULL [OUTER] JOIN table_reference ON predicate
[LEFT | RIGHT | FULL [OUTER] JOIN table_reference ON predicate...]

Fungsinya sama dengan operator Equi-Join dan INNER JOIN yaitu menggabungkan dua macam tabel. Perbedaannya, pada operator OUTER JOIN, record dari tabel sumber yang tidak cocok dengan tabel anggota akan dimunculkan dalam hasil. Kolom tabel anggota untuk record dalam tabel sumber yang tidak cocok mempunyai nilai kosong (bukan nol). Pernyataan berikut ini menggabungkan tabel Customer dan Orders berdasarkan nilai-nilai dalam kolom CustNo. Untuk record tabel Customer yang tidak mempunyai kecocokan nilai di antara Customer.CustNo dan Orders.CustNo, kolom dari tabel Orders berisi nilai kosong (bukan nol).

SELECT *
FROM Customer C
LEFT OUTER JOIN Orders O ON (C.CustNo = O.CustNo)

Peubah LEFT menyebabkan semua record tabel pada sisi kiri operator OUTER JOIN dimasukkan dalam hasil, dengan atau tanpa kecocokan dalam tabel sebelah kanan. Jika tidak ada kecocokan record dari tabel sebelah kanan, maka kolom tersebut berisi nilai kosong. Gunakan peubah RIGHT jika menginginkan kondisi sebaliknya. Dan peubah FULL menyebabkan semua record dari seluruh tabel yang ditetapkan dalam klausa FROM dimasukkan dalam hasil, dengan atau tanpa kecocokan nilai. Tabel juga dapat digabung dengan mengunakan ekpresi yang menghasilkan suatu nilai tunggal sebagai predikat perbandingan. Di sini, kolom ID1 dan ID2 dari tabel Joining dibandingan secara terpisah dengan dua nilai yang dihasilkan oleh fungsi SUBSTRING dengan menggunakan kolom tunggal ID tabel Source.

SELECT *
FROM Source S
RIGHT OUTER JOIN Joining J ON (SUBSTRING(S.ID FROM 1 FOR 2) = J.ID1)
                          AND (SUBSTRING(S.ID FROM 3 FOR 1) = J.ID2)

4. Cartesian

Syntax:
SELECT *
FROM table_reference, table_reference [,table_reference...]

Menggabungkan kolom dua buah tabel dalam satu hasil, tetapi tidak ada korelasi di antara record tabel. Operator Cartesian Join mencocokkan setiap record tabel sumber dengan setiap record tabel anggota. Jika tabel sumber mempunyai 10 record dan tabel anggota juga mempunyai 10 record maka hasilnya berisi 100 record.

SELECT *
FROM "Employee.dbf", "Items.db"

5. UNION

Syntax:
SELECT col_1 [, col_2, ... col_n]
FROM table_reference
UNION [ALL]
SELECT col_1 [, col_2, ... col_n]
FROM table_reference

Menyusun record satu tabel pada akhir tabel yang lain. Pernyataan SELECT untuk tabel sumber dan anggota harus berisi kolom dengan jumlah yang sama.

SELECT
  CustNo,
  Company
FROM Customers
UNION
SELECT
  CustNo,
  Company
FROM Old_Customers

Jika ada perbedaan tipe data kolom tertentu di antara dua tabel, suatu pesan kesalahan akan terjadi jika kolom yang sama dari tabel kedua (atau selanjutnya) kehilangan data. Sebagai contoh, kolom tabel pertama bertipe Date dan kolom tabel kedua bertipe TimeStamp, sebagian nilai bertipe TimeStamp akan hilang jika memasukkan kolom bertipe Date. Pesan kesalahan akan dibangkitkan untuk situasi ini. Gunakan fungsi CAST untuk mengubah tipe kolom tersebut.

SELECT
  S.ID,
  CAST(S.Date_Field AS TIMESTAMP)
FROM Source S
UNION ALL
SELECT
  J.ID,
  J.Timestamp_Field
FROM Joiner J

Secara default, operator UNION akan mengumpulkan record non-distinct dalam record tunggal. Gunakan ALL untuk mempertahankan record non-distinct. Untuk menggabungkan dua buah tabel dimana satu tabel tidak mempunyai suatu kolom tabel lain, gunakan suatu ekpresi atau literal yang sesuai. Sebagai contoh, tabel Joining tidak mempunyai kolom yang sesuai dengan kolom Name dari tabel Source, buat ekpresi untuk menampung nilai kolom bayangan Joining.Name. Kolom Source.Name diasumsikan bertipe CHAR(10).

SELECT
  S.ID,
  S.Name
FROM Source S
UNION ALL
SELECT
  J.ID,
  CAST("" AS CHAR(10))
FROM Joiner J

6. Heterogeneous

Syntax:
SELECT column_list
FROM ":database_reference:table_reference", ":database_reference:table_reference"
     [,":database_reference:table_reference"...]
WHERE predicate [AND predicate...]

Menggabungkan dua buah tabel dari database yang berbeda. Tabel yang digabung dapat bertipe dBASE ke Paradox atau Paradox ke InterBase, selama dapat diakses oleh BDE (local, ODBC, or SQL Links).

SELECT *
FROM ":DBDEMOS:Customer.db" C, ":BCDEMOS:Orders.db" O
WHERE (C.CustNo = O.CustNo)

Tinggalkan komentar